Si Kuning Punggung-hitam yang Anggun

FOTO-FOTO species ini diambil hanya pada sebuah kolam ikan, di Bumi Harapan, Parepare, yang terbuat dari tembok berukuran 8 x 4 meter, yang ditumbuhi eceng gondok (Eichornia crassipes) dengan beberapa jenis rumputan rawa. Pengambilan gambar dilakukan antara bulan April-Mei dan Oktober 2009, yang pada saat itu, tampaknya merupakan musim perkembangbiakan bagi species ini.

Capung Odonata Sulawesi 9A

Capung Odonata Sulawesi 9B

Capung Odonata Sulawesi 9C

Capung Odonata Sulawesi 9D

Ukurang panjang capung ini sekitar 3 cm, berwarna kekuningan atau orange, dengan garis hitam yang membujur di pungung, perut seluruhnya berwarna kehitaman, sayap bening tanpa warna. Kebiasaan terbang dengan jarak-jarak pendek, tenang, dapat berdiam di tenggeran cukup lama. Suatu hal yang menarik dari species memiliki kemampuan predasi yang tinggi, taktis, dan mampu mempertahankan daerah kekuasaannya dari jantan lain atau species lain. Tidak jarang ditemukan, species ini memangsa anak-anaknya sendiri yang baru keluar dari cangkang larva.

Capung Odonata Sulawesi 9E

Capung Odonata Sulawesi 9F

Capung Odonata Sulawesi 9G

Capung Odonata Sulawesi 9H

Capung Odonata Sulawesi 9I

Capung Odonata Sulawesi 9J

Dari hasil pengamatan, capung ini memiliki tingkat perkembangbiakan yang cukup tinggi, karena jumlah larva yang ditemukan di air cukup banyak. Pada kolam seluas 32 meter persegi dimaksud di atas, ditemukan sebanyak 52 larva. Capung ini menyebar cukup luas di Sulawesi Selatan, tapi sejauh ini baru dilakukan pengambilan gambar di satu tempat. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry