Si Leaf Lover Berperut Hitam

CAPUNG ini dapat berdiam sangat lama di satu tempat, selalu di daun-daun, dan memang tak pernah ditemukan hinggap di ranting-ranting atau di bebatuan, seperti yang tampak selama pengamatan. Motif tubuhnya menarik, hanya dua warna, hitam dan kehijauan, dengan sayap yang bening. Ukuran capung ini sekitar 3 cm, soliter, dan kelihatannya sangat jarang. Selama pengamatan di Parepare, pada tanggal 20 Juli dan 2 Agustus 2009, ditemukan hanya tiga individu. Ciri khasnya, seluruh perut (abdomennya) berwarna kehitaman dan agak langsing.

IMG_4379

Capung Odonata Sulawesi 12B

Capung Odonata Sulawesi 12C

Species ini ditemukan di tepi-tepi kali kecil, yang di tebing-tebingnya ditumbuhi pepohonan. Biasanya capung ini sukar terlihat karena warnanya yang sangat padu dengan daun-daun, dan seringkali ketika bertengger terlihat seperti “melekat” di daun. Dalam pengamatan, species ini dapat ditemukan hinggap di tempat yang agak remang-remang, dengan cahaya kurang dari 70%, dan juga dapat ditemukan bertengger di tempat dengan intensitas cahaya penuh.

Capung Odonata Sulawesi 12D

Capung Odonata Sulawesi 12F

Termasuk species yang mudah didekati, dan biasanya ketika terkejut, hanya berpindah tempat pada jarak-jarak yang pendek, dengan vertical range sekitar 4-5 meter dari tanah. Ditemukan juga ragam capung serupa (similar), satu variasi dengan warna mata kebiruan, dan satu lagi dengan perut atau abdomen yang loreng-loreng. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry