Si Jarum Biru yang Elegan

SEBAGAI capung jarum, tergolong species yang memiliki warna yang menarik, biru lembut dengan garis-garis hitam yang sangat padu. Senang beterbangan, hilir-mudik, berkelahi, lalu bertengger pada berbagai benda yang ada di sekelilingnya. Si jarum biru yang cantik ini, memiliki penyebaran yang luas, dapat ditemukan di berbagai daerah sepanjang memang musimnya. Pengambilan gambar-gambar di halaman ini dilakukan di beberapa tempat, pada beberapa hari di bulan April, Mei, Juni dan Oktober 2009.

Capung Odonata Sulawesi 14A

Capung Odonata Sulawesi 14B

Capung Odonata Sulawesi 14C

Capung Odonata Sulawesi 14D

Species ini tergolong adaptif, dalam arti dapat hidup pada berbagai kondisi lingkungan sepanjang terdapat genangan atau aliran air. Ditemukan mulai di rawa-rawa, sungai, kolam, dan bahkan di selokan-selokan irigasi. Dapat melakukan aktivitas di rimbunan semak-semak, rerumputan, bebatuan, atau di antara lumut dan teratai. Selain itu, species ini juga memiliki kemampuan yang baik dalam hal berinteraksi dengan species lain, walaupun terlihat sangat protektif terhadap wilayah kekuasaannya.

Capung Odonata Sulawesi 14E

Capung Odonata Sulawesi 14F

Capung Odonata Sulawesi 14G

Capung Odonata Sulawesi 14H

Capung Odonata Sulawesi 14I

Capung Odonata Sulawesi 14J

Capung Odonata Sulawesi 14K

Capung Odonata Sulawesi 14L

Capung Odonata Sulawesi 14M

Individu betina sedikit berbeda, yaitu berwarna lebih kehijauan, dan cukup mudah ditemukan (bahkan terlihat sebanding dengan jumlah dan aktivitas kaum jantan). Tidak jarang, mereka ditemukan bergelantungan dalam keadaan kawin (sayangnya, mata capung tidak bisa merem…!). Species ini tergolong “agak liar”, dalam arti tidak mudah didekati. Begitu mendengar kresekan, atau mata facetnya menangkap gerakan bayangan, langsung terbang dan menghindar. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry