Si Coklat yang Penyendiri

TAMPILANNYA memang agak lain, agak kurus dengan warna coklat yang tegas, disertai dengan ciri khusus seperti species kurang pergaulan, selalu bertengger sendirian, tidak memiliki semangat untuk bersibuk. Sesekali, terbang dengan jarak pendek, berzigzag, lalu kembali bertengger di tempat semula, diam untuk jangka waktu yang lama. Dalam pengamatan, pernah dicapai rekor oleh satu individu yang berdiam sampai dengan 35 menit di ujung ranting. Biasanya, hanya matanya yang bergerak ke kiri-kanan, atau menggeser arah hadap, tetapi tak pernah meninggalkan ujung ranting. Cenderung tampak, kalau tidak diusik, species ini tidak akan bergerak atau terbang.

Capung Odonata Sulawesi 20A

Capung Odonata Sulawesi 20B

Capung Odonata Sulawesi 20C

Capung Odonata Sulawesi 20D

Capung Odonata Sulawesi 20E

Ukurannya sekitar 3 cm, dari kepala ke ujung perut (abdomen), dengan sayap dominan bening-kecoklatan, kecuali pada pangkal sayap terdapat bercak warna kecoklatan-gelap yang lebih luas. Senang memilih ranting-ranting yang gundul, tanpa daun, pada tanaman-tanaman yang tumbuh di tepi-tepi sungai. Suatu hal yang umum dan juga menjadi pertanda species ini, yaitu jarang ditemukan bertengger di tempat kerendahan. Umumnya memilih ranting-ranting pada ketinggian 2-3 meter dari permukaan tanah.

Capung Odonata Sulawesi 20F

Capung Odonata Sulawesi 20G

Capung Odonata Sulawesi 20H

Species ini umum ditemukan di tebing-tebing sungai, di berbagai tempat, tetapi kurang dalam jumlah individu. Daerah hunian yang dipilih bertumpang-tindih dengan species lain, tetapi jarang ditemukan berinteraksi dengan species berbeda di areal hunian. Ada beberapa species, dalam pengamatan di lapangan, dapat mengelirukan, karena ukuran dan warna yang hampir sama, tetapi berbeda dalam aktivitas dan relung (niche) tempat mereka bertahan. Foto-foto yang ditampilkan di halaman ini, diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada 24 Mei, 14 Juni, 25 Juli dan 2 Agustus 2009. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry