Si Biru Hitam yang Adem

TERMASUK jenis yang menarik, dengan pembawaan tenang, terbang dengan jarak-jarak yang pendek dan terkesan sangat kurang waspada. Seluruh tubuhnya berwarna kebiruan-hijau, dengan garis strip hitam tebal yang membujur di punggung. Keseluruhan perutnya yang kurus berwarna kehitaman dengan ujung berwarna biru atau kehijauan. Ada perbedaan warna antara jantan dan betina. Pada betina,  warna biru atau hijaunya digantikan oleh warna hijau-kecoklatan.

Capung Odonata Sulawesi 20A

Capung Odonata Sulawesi 20B

Capung Odonata Sulawesi 20C

Capung Odonata Sulawesi 20D

Capung Odonata Sulawesi 20E

Capung Odonata Sulawesi 20F

Capung Odonata Sulawesi 20G

Capung Odonata Sulawesi 20H

Species ini termasuk yang paling umum ditemukan, dalam arti baik lokasi huniannya sangat luas maupun jumlah individunya yang banyak. Sebagian besar species ini ditemukan pada daerah-daerah genangan yang tidak mengalir, yang dipenuhi dengan tanaman air.  Species ini tidak membentuk kelompok, tetapi hadir bersama-sama di sebuah habitat karena kepentingan feeding dan breeding. Sering pada lokasi dengan luas 1000 meter persegi, ditemukan sampai 40-50 individu. Umumnya, jumlah jantan selalu lebih banyak dibanding betina, bisa sampai 10 : 1.

Capung Odonata Sulawesi 20I

Capung Odonata Sulawesi 20J

Capung Odonata Sulawesi 20K

Capung Odonata Sulawesi 20L

Capung Odonata Sulawesi 20M

Selain sebagai pemangsa yang baik, species dengan ukuran sekitar 3 cm ini, juga dapat dikatakan sebagai sasaran empuk bagi capung-capung lain yang berukuran lebih besar. Karena pembawaannya yang tenang, dengan sendirinya juga dapat dengan mudah disergap dan dimangsa oleh species lain, termasuk beberapa jenis katak dan burung. Species ini dapat ditemukan sepanjang tahun.

Capung Odonata Sulawesi 20N

Capung Odonata Sulawesi 20P

Capung Odonata Sulawesi 20Q

Capung Odonata Sulawesi 20R

Foto-foto yang ditampilkan di sini diambil di Parepare, Barru dan Pinrang (ketiga lokasi di Sulawesi Selatan), pada bulan April, Mei, Juni, Juli, Agustus dan September 2009.  Beberapa individu diambil gambarnya di kolam ikan hias yang ada di pekarangan rumah. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry