Bondol Haji, Bercuit-cuit di Pekarangan

BURUNG yang paling umum, ditemukan di mana-mana karena wilayah jelajahnya memang luas… di Indonesia, mencakup seluruh kawasan Indomalaya dan Wallace. Kadang, di kampung-kampung, dianggap sebagai hama potensial untuk padi… bersaing dengan beberapa species burung bondol lainnya. Burung dengan panjang sekitar 10-13 cm ini, hidup berpasang-pasangan atau membentuk koloni, dengan memilih tempat hunian yang sesuai. Orang Bugis menyebutnya dongi pacaulu.

Ploceidae Sulsel 1A

Ploceidae Sulsel 1B

Ploceidae Sulsel  1C

Penampilannya bagus, dengan warna kecoklatan pada seluruh badan, kecuali pada bagian kepalanya yang disaput warna putih, sehingga seperti “wak haji” pakai sorban dan topi. Sepasang bondol haji, dapat bersarang di berbagai pohon sepanjang dirasa aman. Pada kondisi tertentu, si jantan dan betina dapat membangun sarang pada ketinggian hanya 150 cm dari permukaan tanah. Umumnya menyukai pohon-pohon palem untuk menempatkan sarang.

Ploceidae Sulsel  1D

Ploceidae Sulsel  1E

Ploceidae Sulsel  1F

Foto yang ditampilkan di sini, diambil di sebuah pekarangan rumah di Parepare (Sulawesi Selatan), pada bulan Maret 2009. Species ini dikelompokkan dalam suku Estrildidae, dari marga Lonchura. Termasuk species burung yang tidak terlalu takut alias dekat pada manusia. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry