Si Pencari Belalang di Musim Kemarau

MAKANAN utamanya jelas ikan, katak, berbagai hewan air, termasuk ular-ular kecil yang ditemukan. Tapi pada musim kemarau, mereka terpaksa harus menjelajahi rerumputan untuk mencari belalang atau serangga-serangga lain yang dapat dijadikan santapan. Burung yang dikenal dengan nama kuntul kerbau ini, memiliki penyebaran yang luas di dunia (di Indonesia ditemukan hampir di semua wilayah). Sangat akrab dengan petani yang sedang membajak sawah.

Ardeidae Sulsel 1A

Ardeidae Sulsel 1B

Kuntul kerbau, burung yang mudah ditemukan, mulai dari pantai sampai ke ketinggian 900 meter dpl. Mereka sering ditemukan aktif berpasangan, beberapa ekor, atau kadang dalam sebuah koloni berjumlah ratusan individu. Secara umum, mereka sebenarnya membentuk kelompok yang permanen, dan memilih tempat bermalam yang juga bersifat tetap (tidak akan menyingkir apabila tidak terganggu).

Ardeidae Sulsel 1C

Ardeidae Sulsel 1D

Species ini aktif pada pagi dan sore, di sawah-sawah, tambak, muara sungai, rawa dan berbagai genangan air lainnya. Pada musim kawin, jantan mengalami perubahan warna bulu, yaitu adanya warna kejinggaan pada bulu-bulu leher, punggung dan kepala. Di Sulawesi Selatan, burung ini dikenal dengan nama campong, sering ditangkap ketika bersarang di pohon-pohon bambu. Species ini mewakili suku Ardeidae, dari marga Bubulcus. Foto diambil di Barru (Sulawesi Selatan), pada tanggal 3 dan 8 April 2009.  Species ini termasuk burung Indonesia yang diperlindungi bardasarkan perundang-undangan. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry