Capung Kecil yang Pemalu

CAPUNG dengan ukuran yang tergolong sangat kecil, sekitar 2 cm, dengan perilaku yang adem, penyendiri dan pemalu. Capung ini hidup secara sendiri-sendiri, walaupun pada satu lokasi tertentu dapat ditemukan 5-6 individu. Species ini menyukai daerah genangan air yang padat dengan tumbuhan… biasanya dengan intensitas cahaya kurang dari 80%. Secara fisik, umumnya berwarna kebiruan atau kehijauan dengan strip, abdomen kehitaman dengan ujung berwarna kemerahan.

Capung Odonata Sulawesi 22A

Capung Odonata Sulawesi 22B

Capung Odonata Sulawesi 22C

Capung Odonata Sulawesi 22D

Species ini tampaknya memiliki penyebaran yang cukup luas di Sulawesi, namun kita harus sangat hati-hati dalam mengenalinya karena terdapat species lain yang hampir sama secara morfologis, kecuali ukuran tubuh dan perilakunya yang berbeda. Ciri utama, yang tampak permanen pada setiap individu species ini ialah adanya warna keputihan pada bagian bawah di sepanjang abdomen.

Capung Odonata Sulawesi 22E

Capung Odonata Sulawesi 22F

Capung Odonata Sulawesi 22G

Capung Odonata Sulawesi 22H

Capung Odonata Sulawesi 22I

Capung Odonata Sulawesi 22J

Ujung perut betina tidak berwarna kemerahan

Gambar-gambar yang ditampilkan di sini kurang maksimal, selain karena ukuran capung yang kecil, juga karena peralatan kamera yang kurang memadai. Padahal, sebenarnya species ini cukup jinak, dan dapat berdiam untuk jangka wanktu yang cukup lama. Gambar-gambar ini diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), hanya pada satu lokasi, pada bulan Mei, September dan Oktober 2009. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry