Kecil Merah di Kolam-kolam

CAPUNG ini juga berukuran sangat kecil, hanya 2 cm, dengan warna merah, hitam dan kputihan, dengan sayap bening. Sukar terlihat di antara dedaunan, menyukai eceng gondok (Eichornia sp.) yang tumbuh di kolam-kolam. Sejauh ini, si merah kecil ini baru ditemukan sebagai penghuni kolam… namun dapat dipastikan, juga bertahan pada areal-areal genangan yang serupa. Warna kemerahan hampir mendominasi keseluruhan badan, dari dada (thorax) sampai ke tiga-perempat panjang perut. Mata kehitaman, dengan satu garis tebal hitam di punggung. Kaki-kakinya yang kecil umumnya berwarna keputihan. Bagian ujung ekor, sekitar sepertiga panjang ekor, berwarna kehitaman.

Capung Odonata Sulawesi 24A

Species ini termasuk berpembawaan tenang, mudah didekati, bahkan kadang-kadang dengan mengusiknya sedikit, dapat “disetel” untuk bertengger di tempat tertentu. Terbangnya berjarak pendek-pendek, tetapi cepat, dan apabila telah bertengger, dapat diam untuk jangka waktu yang relatif lama. Dalam pengamatan, si merah-hitam ini hidup bergabung dengan species kecil lainnya yang berwarna kehijauan dengan ujung perut merah (lihat, Capung Kecil yang Pemalu)

Capung Odonata Sulawesi 24B

Capung Odonata Sulawesi 24C

Capung Odonata Sulawesi 24D

Capung Odonata Sulawesi 24E

Capung Odonata Sulawesi 24F

Capung Odonata Sulawesi 24G

Capung Odonata Sulawesi 24H

Gambar-gambar yang ditayangkan di sini diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada bulan September dan Oktober 2009. Keseluruhan gambar direkam di kolam-kolam ikan samping rumah. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry