Si Hijau Kecil, yang Ada di Mana-mana

SPECIES ini sangat umum, dapat ditemukan di mana-mana, hampir pada semua habitat, mulai dari daerah permukiman sampai dengan kawasan-kawasan hutan di tepi-tepi kali dan rawa. Ukurannya kecil, sekitar 2,5 cm, dengan jumlah populasi yang tergolong banyak. Pada areal sekitar 100 meter persegi, dapat ditemukan 4-10 individu… terutama jika musim perkembangbiakan berlangsung. Warna umumnya adalah kehijauan dengan loreng hitam, sayap bening, kekar meskipun dengan ukuran kecil.

Capung Odonata Sulawesi 27A

Capung Odonata Sulawesi 27B

Capung Odonata Sulawesi 27C

Capung Odonata Sulawesi 27D

Capung Odonata Sulawesi 27E

Capung Odonata Sulawesi 27F

Terdapat variasi warna yang menarik, yaitu spesimen yang berwarna hijau cerah dengan loreng hitam yang tegas, dan spesimen yang berwarna hijau keabu-abuan dengan garis-garis hitam yang samar. Tapi kelihatannya keduanya masih satu species, dan juga keduanya merupakan ciri dari capung-capung betina… sebab pengamatan menunjukkan bahwa ciri capung jantan adalah berwarna kebiruan (lihat Si Biru Kecil yang Selalu Sibuk).

Capung Odonata Sulawesi 27G

Capung Odonata Sulawesi 27H

Capung Odonata Sulawesi 27I

Capung Odonata Sulawesi 27J

Capung Odonata Sulawesi 27K

Species yang dapat ditemukan sepanjang tahun ini, memang terlihat lebih periang dibanding beberapa species lain, sangat familiar dan akrab, bahkan didekati pada jarak yang rapat sekalipun. Biasanya, anak-anak kecil yang bermain di semak-semak, sangat mudah menangkap capung ini, bahkan dengan menggunakan tangan sekalipun. Kadang-kadang capung hijau loreng ini terlihat memangsa serangga-serangga seperti lalat atau capung jarum.

Capung Odonata Sulawesi 27L

Capung Odonata Sulawesi 27M

Capung Odonata Sulawesi 27N

Capung Odonata Sulawesi 27O

Capung kecil yang selalu hanya terbang rendah ini, tak melebihi 3 meter dari permukaan tanah, dapat dikatakan merupakan capung yang dikenal oleh setiap orang. Gambar-gambarnya yang ditampilkan di sini, diambil di Parepare dan Alitta – Pinrang (keduanya di Sulawesi Selatan), pada bulan Mei, Juni, Juli dan Agustus 2009. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry