Si Lalat Monster yang Keren

TAMPILANNYA memang mirip lalat, tapi ukurannya tergolong besar, sekitar 2 – 2,5 cm… dengan tampilan yang benar-benar keren. Hampir keseluruhan warna badannya hitam kecoklatan, dengan saya bening, dan kaki yang kehitaman atau kecoklatan dipenuhi duri-duri, yang membuat tampilannya hebat, seperti monster.

Lalat Diptera Sulawesi 1A

Lalat Diptera Sulawesi 1B

Lalat Diptera Sulawesi 1C

Lalat Diptera Sulawesi 1D

Species lalat besar ini ditemukan pada berbagai daerah, karena penyebarannya memang cukup luas. Umumnya dapat ditemukan di tempat-tempat terbuka, yang ditumbuhi belukar dan semak-semak. Kelihatannya, lalat besar ini merupakan predator yang andal, terutama terhadap berbagai macam serangga dan laba-laba. Bahkan, sepintas terlihat bertipe ganas. Tapi dalam pengamatan, tampaknya cukup jinak dan mudah didekati pada jarak-jarak tertentu.

Lalat Diptera Sulawesi 1E

Lalat Diptera Sulawesi 1G

Lalat besar yang elegan ini, cukup mudah ditemukan bergabung bersama dengan serangga-serangga lain, terutama yang berpotensi sebagai mangsa. Gambar-gambar yang ditayangkan di sini diambil di Parepare dan Alitta-Pinrang (kedua lokasi di Sulawesi Selatan), pada bulan April, Mei dan Juli 2009. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry