Si Putih, Bersaing dengan Si Merah-Hitam

SPECIES ketiga yang ditemukan dengan ukuran mini, sangat kecil, sekitar 2 cm, dengan tampilan yang agak aneh, yaitu keputihan. Warna putih di badan, termasuk di dahi, sebenarnya terlihat hanya seperti diselimuti dengan tepung, yang sewaktu-waktu akan “luntur” bila terkena air. Sedangkan sepanjang perut, seluruhnya berwarna hitam, dengan sayapbening. Terbang dengan jarak-jarak pendek, biasanya hanya antardaun, dan termasuk tipe yang berpenampilan pemalas, tidak sibuk dan kurang waspada.

Capung Odonata Sulawesi 26A

Bukan hanya ukuran yang sama kecil dengan dua species lain (lihat Capung Kecil yang Pemalu dan Kecil Merah di Kolam-kolam), tapi juga berada di habitat yang sama, yaitu kolam dengan eceng gondok (Eichornia sp.). Tapi dibanding dengan kedua rekannya, kelihatannya si putih lebih lambat dalam segala hal, termasuk perkembangbiakan yang ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah individu yang ditemukan.

Capung Odonata Sulawesi 26B

Capung Odonata Sulawesi 26C

Capung Odonata Sulawesi 26D

Capung Odonata Sulawesi 26E

Capung Odonata Sulawesi 26F

Selain ukuran yang kecil, jumlah yang sedikit, juga karena kebiasaannya untuk bersembunyi, menyebabkan gambar-gambar yang direkam tidak maksimal. Gambar-gambar yang ditayangkan ini diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada April dan Mei 2009, di sebuah kolam ikan pekarangan rumah. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry