Pink Flighters di Ranting-ranting

WARNANYA memang cantik, boleh dikatakan seluruhnya berwarna pink, kemerahjambuan, dari kepala (termasuk mata facetnya), thorax sampai ke ujung abdomen, termasuk sayapnya yang transparan. Species ini tampak menarik dan kontras jika sedang bertengger di ranting-ranting tanpa daun. Tapi yang paling menonjol sebagai ciri ialah bentuk abdomen (perutnya) yang pipih, agak melebar dan tidak silindris. Ukuran badan sekitar 3 – 3,5 cm.

Capung Odonata Sulawesi 28A

Capung Odonata Sulawesi 28B

Capung Odonata Sulawesi 28C

Capung Odonata Sulawesi 28D

Di lapangan, cukup banyak capung yang berwarna merah atau kemerahan, baik karena ciri speciesnya maupun karena warna pola fase perkembangan fisik (yang bisa berbeda warna setelah dewasa), sehingga dapat mengelirukan. Species merah jambu berperut pipih ini, jika dilihat sepintas hampir sama dengan dua species umum yang juga berwarna merah, yaitu capung berwarna merah seluruh badannya tapi sayapnya bening/transparan tanpa warna (lihat  Si Merah Sayap Bening di Bawah Terik), dan kemudian species yang juga berwarna merah, seluruh badan dengan sayap yang berwarna merah tidak transparan (lihat  The Wild in Red yang Adem). Apalagi, ketiga species ini hidup bertumpang-tindih di habitat yang sama, dan bahkan melakukan interaksi yang cukup tinggi satu sama lain.

Capung Odonata Sulawesi 28E

Capung Odonata Sulawesi 28F

Capung Odonata Sulawesi 28G

Capung Odonata Sulawesi 28H

Species ini ditemukan di habitat yang umum, di tepi-tepi sungai atau di rawa-rawa, bahkan dapat ditemukan di kolam-kolam pekarangan rumah. Penyebarannya juga cukup luas, secara regional dapat ditemukan hampir di seluruh jazirah Sulawesi. Selama pengamatan, belum pernah ditemukan sedang kawin, namun dapat diperkirakan kalau ciri betinanya sama dengan si jantan, walaupun mungkin berbeda warna. Secara umum, species ini tergolong jinak, dapat didekati sampai jarak 1 – 2 m, dan populasinya juga tergolong melimpah di musim-musim tertentu.

Capung Odonata Sulawesi 28I

Capung Odonata Sulawesi 28J

Capung Odonata Sulawesi 28K

Keseluruhan gambar yang ditayangkan direkam di Parepare (Sulawesi Selatan), walaupun dalam setiap pengamatan species ini hampir selalu ditemukan di daerah-daerah lain. Gambar-gambar diambil di tepi sungai dan pekarangan rumah, pada bulan April, Mei, Juni, Juli dan Agustus 2009. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry