Sudah Hitam, di Tempat Gelap Lagi

SPECIES capung dari kelompok Zygoptera, yang tampilannya menarik. Keseluruhan badan berwarna kehitaman, dari kepala sampai ke ujung abdomen. Sayap juga berwarna hitam, mengilap, dengan ujung yang memiliki bercak berwarna putih. Panjang sekitar 2 cm, soliter dan pendiam. Ditemukan hanya satu kali, berada persis di tebing sungai yang berair deras.

Capung Odonata Sulawesi 30A

Capung Odonata Sulawesi 30B

Capung Odonata Sulawesi 30C

Species yang mungkin dari kelompok chypa ini, ketika itu, cukup sukar diambil gambarnya. Bertengger di tebing, persis di bawah bayang pepohonan besar. Gambar jadi kacau, karena… warna sudah hitam, eh, berada di tempat gelap lagi. Padahal ketika itu, pukul 14.00 siang. Gambar yang ditampilkan ini berasal dari satu individu, diambil di Bantimurung-Maros (Sulawesi Selatan), pada 5 Juli 2009. (ais)

Catatan Tambahan:

Species capung hitam ini, pada tanggal 28 Maret dan 3 April 2010, beberapa individu ditemukan di Parepare (Sulawesi Selatan), khususnya di aliran sungai kecil di Bilalang, Lemoe. Seperti biasa, capung ini tetap senang berada di tempat-tempat gelap, terurama di bawah naungan bayang-bayang pepohonan. Melalui pengamatan selama sekitar 3 jam, ditemukan sebanyak 11 individu, dan beberapa di antaranya dapat diambil gambarnya meskipun tidak terlalu bagus.

Species yang senang hidup soliter ini tampaknya nyaman saja bergabung dengan beberapa species capung yang lebih besar. Juga ditemukan 2 species lain yang serupa bentuknya, hanya berbeda warna. Satu species berwarna hitam, dengan strip kebiruan di samping thorax dan abdomen. Satu species lainnya, thorax berwarna kecoklatan bergaris-garis hitam dengan abdomen berwarna merah cerah. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry