Si Coklat Pipih yang Anggun

SALAH satu species capung yang menarik, baik warnanya maupun tampilan dan perilakunya. Secara keseluruhan, warna badan adalah kecoklatan, mulai dari mata facet sampai di ujung abdomen, termasuk sayapnya yang coklat agak transparan. Perilakunya anggun, terbang sebentar-sebentar lalu bertengger lagi dengan gaya. Memiliki kebiasaan betengger dengan posisi vertikal, artinya, ujung perut cenderung diangkat ke atas. Ukurannya sekitar 3 – 3,5 cm.

Capung Odonata Sulawesi 31A

Capung Odonata Sulawesi 31B

Dari perjumpaan yang baru sekali, tampak bahwa species capung coklat ini bertipe soliter, dan juga tidak terlalu aktif berinteraksi dengan species lain. Secara morfologis, tampak bahwa keseluruhan struktur luar tubuhnya serupa dengan species yang berwarna pink (lihat Pink Flighters di Ranting-ranting), yaitu perut yang pipih dan tingkah laku yang mirip. Paling tidak, varian capung coklat ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan si pink, atau mungkin betinanya.

Capung Odonata Sulawesi 31C

Capung Odonata Sulawesi 31D

Varian capung coklat ini baru ditemukan satu kali, di kawasan Bilalang, Parepare (Sulawesi Selatan), dan hanya satu individu, pada sebuah kali berbatu dengan air mengalir. Gambar diambil pada 30 Agustus 2009. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry