Si Hijau-Biru Perut Beruas

SANGAT banyak kita temukan species capung, terutama dari kelompok Zygoptera, yang ujung perutnya berwarna merah. Umumnya juga warna badan hampir sama, kehijauan atau kebiruan dengan garis-garis atau strip tertentu. Species yang dipertelakan pada halaman ini, adalah capung jarum yang berukuran kecil, sekitar 2,5 cm, berwarna hijau-kebiruan dengan lima strip hitam di badan yang membujur searah abdomen, dan ujung abdomen berwarna kemerahan. Species ini hampir serupa dengan capung kecil lain yang ujung perutnya juga kemerahan, tetapi memiliki hanya tiga garis strip hitam (lihat Capung Kecil yang Pemalu). Selain itu, species yang ditampilkan di halaman ini memiliki juga ciri yang lebih khusus, yaitu abdomennya secara menyeluruh berwarna kehitaman, tetapi pada setiap ruas atau buku-bukunya terdapat bercak hijau-kebiruan. Ukuran species ini juga relatif lebih besar, lebih anggun dan lebih aktif.

Capung Odonata Sulawesi 33A

Capung Odonata Sulawesi 33B

Capung Odonata Sulawesi 33C

Capung Odonata Sulawesi 33D

Capung Odonata Sulawesi 33E

Ciri lain yang cukup menarik dari species ini, adalah ternyata penampilan morfologis betina sama dengan jantan, yaitu keduanya memiliki ujung perut yang berwarna kemerahan. Sedangkan capung hijau kecil yang pemalu itu,  memiliki betina dengan ujung yang kehitaman atau  kehijauan, bukan kemerahan. Namun demikian, lokasi hidup kedua varian ini memang bertumpang-tindih… hanya species si perut beruas ini lebih langka, sehingga tidak dapat dijumpai setiap saat.

Capung Odonata Sulawesi 33F

Capung Odonata Sulawesi 33G

Capung Odonata Sulawesi 33H

Capung Odonata Sulawesi 33I

Gambar-gambar capung dengan perut berujung merah dan “beruas-ruas” ini ditemukan di rawa-rawa dan kolam-kolam ikan pekarangan. Gambar-gambarnya diambil di Parepare (Sulawesi Selatan) pada bulan-bulan Maret, April, Mei dan Juni 2009. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry