Si Kurus Merah Bermata Hijau

TAMPILANNYA menarik, kurus dan panjang, sekitar 3,5 cm, dengan corak seluruh badan berwarna merah (atau kekuningan pada betina), perut hitam dengan ujung merah, mata kehijauan atau kebiruan, dengan sayap bening transparan. Species ini membentuk kelompok-kelompok kecil, 10 – 20 individu, dan memilih tempat aktif di sekitar genangan air yang realtif gelap atau remang, dengan cahaya kurang dari 60%.

Capung Odonata Sulawesi 34A

Capung Odonata Sulawesi 34B

Capung Odonata Sulawesi 34C

Capung Odonata Sulawesi 34D

Species ini memiliki gaya hingga bergelantungan, dan tidak pernah jauh dari genangan air. Seringkali, berpasang-basangan ditemukan kawin dengan bertengger pada material yang sangat dekat di permukaan air. Termasuk species yang produktif, dengan melihat pada kenyataan di lapangan, jika terdapat sekitar 10 pasang, maka paling tidak ada 6 pasang melakukan perkawinan. Heboh, betul…!

Capung Odonata Sulawesi 34E

Capung Odonata Sulawesi 34F

Capung Odonata Sulawesi 34G

Capung Odonata Sulawesi 34H

Capung Odonata Sulawesi 34I

Capung Odonata Sulawesi 34Je

Species ini tergolong akrab, dapat didekati sampai dengan jarak 0,5 m, walaupun terlihat bahwa kepekaannya sangat bergantung pada kilatan-kilatan bias cahaya… begitu dirasakan ada bayangan gerakan, mereka baru bereaksi untuk bergerak menghindar. Species ini dapat ditemukan hampir sepanjang tahun, terutama pada lokasi-lokasi yang memiliki genangan air yang permanen. Data menunjukkan bahwa species ini memiliki penyebaran yang sangat luas.

Capung Odonata Sulawesi 34K

Capung Odonata Sulawesi 34L

Karena kebiasaan mereka berada di tempat-tempat yang gelap, remang-remang, cukup sukar untuk mendapatkan gambar dengan pencahayaan yang baik. Kadang, terpaksa harus diusik-usik sedikit agar mereka mau ke tempat yang sedikit lebih terang. Gambar-gambar yang ditampilkan, diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada Maret, April dan Mei 2009. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry