Bondol Topi Hitam, Menarik dan Bersahabat

UKURANNYA sekitar 12-13 cm, dari kepala ke ujung ekor,  dengan warna badan seluruhnya kecoklatan, sedangkan kepala dan dada berwarna kehitaman. Paruh dan kaki, sepintas terlihat kebiruan atau keabu-abuan. Termasuk jenis burung yang dikenali oleh hampir semua orang, karena memang memiliki penyebaran yang luas. Dalam bentuk koloni, yang jumlahnya sampai ratusan individu, bondol hitam ini merupakan hama potensial bagi persawahan. Di lingkungan orang Bugis, burung yang dikenal dengan nama dongi seppang ini, sering ditangkap dengan jebakan, perekat, atau pukat sarang. Dalam kondisi tertentu, ketika koloninya bermalam di rumpun padi, petani biasanya menangkapnya pada saat menjelang magrib, dengan menggunakan jala, dan jumlah tangkapan dapat mencapai ratusan ekor… dan ini, kemudian dijadikan konsumsi yang enak, digoreng, dan dinikmati di dangau beramai-ramai menyongsong larut malam.

Ploceidae Sulawesi 2A

Ploceidae Sulawesi 2B

Ploceidae Sulawesi 2C

Ploceidae Sulawesi 2D

Burung ini termasuk tipe yang pemberani, artinya, dapat ditemukan hidup bergabung dengan aktivitas manusia. Di pekarangan-pekarangan rumah, misalnya di bawah atap rumbia atau nipa, di pohon kelapa, tandan pisang, atau pohon mangga, biasa ditemukan 2-3 sarang. Mereka dapat ditemukan bertengger di tanaman-tanaman pekarangan, dan sering terlihat memunguti daun-daun rumput untuk membangun sarang. Jantan dan betina membangun sarang bersama-sama. Mereka aktif di pekarangan, ketika para petani belum turun sawah. Mereka sangat menyenangi buah rumput dan berbagai jenis biji-bijian liar.

Ploceidae Sulawesi 2E

Ploceidae Sulawesi 2F

Ploceidae Sulawesi 2G

Gambar-gambar yang ditampilkan di sini, diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), di pekarangan sebuah rumah penduduk, pada bulan Maret dan April 2009. Bondol hitam (Lonchura sp., Estrildidae), masih satu marga dengan bondol yang kepalanya putih (lihat Bondol Haji, Bercuit-cuit di Pekarangan) dan mereka biasa ditemukan hidup bergabung, bersama dengan beberapa bondol lainnya. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry