Si Merah-Coklat, yang Terbang Non-stop

TERMASUK species capung yang tidak mudah didekati, apalagi diambil gambarnya, karena capung ini terkesan “tidak pernah bertengger”… sejak mulai dari pagi sampai menjelang malam, capung ini ditemukan terbang terus-menerus, di atas air atau di antara semak-semak. Warna seluruh badannya, umumnya coklat agak kemerahan, dari mata facetnya sampai ke ujung perut. Sayap bening transparan, dengan bercak kecoklatan dan keputihan (terlihat seperti abu-abu keperakan). Ukurannya cukup besar, sekitar 3 – 3,5 cm.

Capung Odonata Sulawesi 35A

Capung Odonata Sulawesi 35B

Capung Odonata Sulawesi 35C

Species ini sebenarnya termasuk mudah ditemukan, hampir pada semua kondisi habitat, dari yang paling liar sampai ke lingkungan areal budidaya atau bahkan di pekarangan-pekarangan rumah. Kadang ditemukan dalam kelompok kecil, dengan 4 – 6 individu, yang saling kerkejaran atau berkelahi. Jantan dan betina hampir serupa, hanya warna jantan terlihat lebih gemerlapan. Species ini dapat ditemukan sepanjang tahun.

Capung Odonata Sulawesi 35D

Capung Odonata Sulawesi 35E

Gambar-gambar yang ditayangkan, diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada bulan-bulan Maret, Mei, Juni dan Agustus 2009. Sayang, untuk menyajikan gambar yang lebih lengkap, sukar sekali karena kebiasaannya yang “tidak mau bertengger”. Kadang-kadang dibutuhkan waktu untuk menjelajahi semak-semak agar dapat menemukan satu individu yang “kebetulan” rehat, dan dapat diambil gambarnya. Tetapi, kadang mereka bertengger di tempat yang sangat kurang cahaya. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry