Si Sayap Belang Hitam yang Pendiam

DARI kepala sampai di ujung perut, warnanya dominan kuning dengan tiga strip hitam-kecoklatan memanjang di perut bagian atas. Mata facetnya, berwarna hijau dan kecoklatan. Sayapnya memiliki corak yang menarik, dan ini merupakan pertanda speciesnya, yaitu setengah dari sayap, pada bagian pangkal berwarna hitam, dan setengah lagi bening transparan. Ukurannya 3 – 3,5 cm.

Capung Odonata Sulawesi 36A

Capung Odonata Sulawesi 36B

Capung Odonata Sulawesi 36C

Mudah berinteraksi dengan species lain, tetapi jumlah individunya di alam tergolong sedikit, dalam sebuah habitat kadang hanya ditemukan 2-3 individu. Sangat menyukai bertengger di tempat-tempat yang relatif gelap, pencahayaan sekitar 60%. Umumnya selalu diam, atau hanya bergerak pada jarak-jarak yang pendek.

Capung Odonata Sulawesi 36D

Capung Odonata Sulawesi 36E

Capung Odonata Sulawesi 36F

Capung Odonata Sulawesi 36G

Sepintas capung kuning dengan sayap belang hitam ini mirip dengan beberapa varian capung dari species lain, terutama pada variasi corak di sayap – tapi pada umumnya tidak ditemukan species yang setengah sayapnya benar-benar berwarna hitam dengan batas yang tegas. Kebanyakan, warna-warna gelap lain dengan semburat yang tidak jelas atau hanya berupa bercak yang baur.

Capung Odonata Sulawesi 36H

Capung Odonata Sulawesi 36I

Capung Odonata Sulawesi  36J

Gambar-gambar yang disajikan di sini, diambil dari lima individu yang berbeda di Parepare (Sulawesi Selatan), direkam pada bulan Mei, Juli, Agustus, dan Oktober 2009. Species ini tampaknya memang dapat ditemukan sepanjang tahun, dan tergolong salah satu species yang cantik, pendiam, dan cukup mudah didekati. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry