Ketika Si Hijau Butuh Garam-garaman

KUPU-KUPU berukuran sedang, dengan rentang-sayap (wingspread) sekitar 6 cm, dengan warna seragam seluruh tubuh, kehijauan.  Ditemukan di tepi sebuah kali kecil, berbatu-batu, sedang menghisap cairan garam-garaman dari dalam tanah. Yang menarik, mereka bergerombol, dan memiliki tempat tetap untuk kegiatan mencari garam-garaman ini. Kadang-kadang, di antara kelompok mereka, hadir juga kupu-kupu dari species lain.

Kupu-kupu Sulsel 1A

Kupu-kupu Sulsel 1B

Kupu-kupu Sulsel 1C

Ketika di dekati, mereka akan terbang berhamburan, menyebar dan bertengger di daun-daun terdekat, sambil menunggu. Beberapa saat kemudian, mereka akan secara bertahap kembali lagi ke tempat semula. Warnanya yang kehijauan, tampak kontras dengan lapisan bebatuan atau seresah tempat mereka berkumpul.

Kupu-kupu Sulsel 1D

Kupu-kupu Sulsel 1E

Kupu-kupu Sulsel 1F

Foto-foto diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada tanggal 18 Oktober 2009. Pada masa ini, dapat dikatakan sedang puncaknya musim kemarau, sehingga kali atau sungai sebagian besar tidak berair atau hanya berupa rembesan. Kelompok kupu-kupu “pencari garam-garaman” ini hanya dapat ditemukan pada waktu-waktu tertentu. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry