Si Kuning Pipih yang Suka Nungging

HAMPIR setiap kali ditemukan, capung ini bertengger dengan ujung perut mengarah ke atas, sehingga seperti kalau tertungging. Ini semacam gaya khusus pada varian ini, dan termasuk tipe yang cukup mudah didekati. Warna keseluruhan badannya adalah kuning cerah, walaupun menurut lensa kamera bisa agak bervariasi, bergantung intensitas cahaya yang menyinarinya. Pada pangkal sayap terdapat sedikit bercak kuning tua. Ukurannya, sekitar 3 – 3,5 cm, jadi termasuk berukuran sedang. Sayap transparan dengan bias kuning (tidak bening betul), sedangkan mata facetnya kecoklatan.

Capung Odonata Sulawesi 38A

Capung Odonata Sulawesi 38B

Capung Odonata Sulawesi 38C

Capung Odonata Sulawesi 38D

Capung Odonata Sulawesi 38E

Capung berwarna kuning ini dapat mengelirukan dengan betina dari capung merah bersayap transparan (lihat Si Sayap Bening di Bawah Terik), kecuali bahwa sayap capung ini tidak bening transparan, serta pada bagian atas perut terdapat bercak warna yang lebih tua tetapi tanpa batas yang tegas (dapat berbeda polanya pada individu yang berbeda).  Pada capung betina dari si merah sayap bening, bagian atas perutnya memiliki strip tunggal yang tegas memanjang dari pangkal ke ujung perut, dan sayapnya benar-benar bening tanpa bias kekuningan sedikitpun. Sepintas, capung ini tampak memiliki kekerabatan dekat sekali dengan capung coklat pipih dan si pink flighter yang telah dicatat sebelumnya (lihat Pink Flighters di Ranting-ranting dan Si Coklat Pipih yang Anggun).

Capung Odonata Sulawesi 38F

Capung Odonata Sulawesi 38G

Capung Odonata Sulawesi 38H

Capung Odonata Sulawesi 38I

Capung Odonata Sulawesi 38XX

Betina si "merah sayap bening", memiliki strip kehitaman memanjang di bagian atas perut yang lebih tegas, dengan sayap bening tanpa bias warna

Gambar-gambar capung kuning pipih ini diambil di Parepare (Sulawesi Selatan) pada 18 Oktober 2009, yang ketika itu, ditemukan tiga indiividu. Capung ini sangat menarik, pintar bergaya meskipun “nungging”, dan sangat mudah didekati, bahkan dapat disentuh dengan tangan. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry