Si Kuning-Coklat Perut Bergaris

KELIHATANNYA varian capung yang badannya berwarna kekuningan, dengan sayap yang dipenuhi bercak kecoklatan ini adalah betina untuk si capung merah (lihat The Wild in Red yang Adem). Ciri yang khusus pada varian ini adalah perutnya yang memiliki tiga strip memanjang dari pangkal ke ujung, serta strip halus yang lebih merupakan “sambungan” ruas-ruas perut, sehingga seperti membentuk kotak-kotak yang jelas. Tampilannya cantik, dengan gaya yang anggun, dan tergolong jinak. Ukurannya sekitar 3 – 3,5 cm.

Capung Odonata Sulawesi 39A

Capung Odonata Sulawesi 39B

Capung Odonata Sulawesi 39C

Capung Odonata Sulawesi 39D

Varian capung ini memiliki populasi yang cukup besar, serta dapat ditemukan hampir di semua lokasi. Dengan sendirinya, interaksi utamanya adalah dengan si wild in red itu, walaupun dapat juga ditemukan bergabung dengan species lain. Corak yang ada di sayap, sepertinya tidak permanen, tetapi memang data pengamatan menunjukkan bahwa capung-capung dari kelompok ini memiliki fase perubahan warna yang komplek (berbada antara betina dengan jantan, antara anakan, remaja dan dewasa).

Capung Odonata Sulawesi 39E

Capung Odonata Sulawesi 39F

Capung Odonata Sulawesi 39G

Capung Odonata Sulawesi 39I

Gambar-gambar di sini diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada bulan-bulan April, Mei, Agustus dan Oktober 2009. Artinya, varian ini dapat dijumpai sepanjang tahun. Pemisahan pertelaan di sini, antara si wild in red dengan varian ini, karena memang penekanannya pada perbedaan varian. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry