The Tigerfly, Senang Daun Hijau

LALAT yang cantik, kuning dengan loreng kehitaman, mata berwarna coklat. Tampilannya, ya mirip harimau dan karena itu cocok diberi nama si “lalat harimau” alias tigerfly (tentu saja tidak ada dalam kamus bahasa Inggris). Ukurannya, lumayan besar, sekitar 1,5 cm, sehingga tergolong besar untuk ukuran lalat. Kebiasannya hinggap di daun-daun yang berwarna hijau, sehingga kontras dengan warna badannya yang kuning. Sayapnya kehitaman.

Diptera Sulawesi 3A

Diptera Sulawesi 3B

Diptera Sulawesi 3C

Diptera Sulawesi 3D

Diptera Sulawesi 3E

Species lalat ini termasuk tipe senang pada cahaya, tetapi umumnya soliter, belum pernah ditemukan bersamaan 2-3 individu, apalagi dalam kelompok. Lalat ini juga memiliki kebiasaan terbang berputar, tetapi dalam jarak yang pendek. Tampaknya, termasuk lalat yang kurang suka “mengisap” permukaan daun. Kelihatannya juga lalat ini menyukai “hidup yang bersih”, karena tidak suka mengerubungi sesuatu yang berbau. Jarang ditemukan berinteraksi dengan species lalat lainnya.

Diptera Sulawesi 3F

Diptera Sulawesi 3G

Diptera Sulawesi 4H

Diptera Sulawesi 4I

Lalat tigerfly ini ditemukan di Parepare (Sulawesi Selatan), diambil gambarnya pada semak-semak di tepi kali, pada 26 April dan 25 Oktober 2009. Lalat yang cantik, meskipun jarang, tetapi secara umum cukup mudah ditemukan dalam setiap kali dilakukan pengamatan di lapangan. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS

Iklan

About this entry