Si Leaf Lover Bermata Biru

DAPAT membingungkan siapapun yang mengamatinya, karena species ini jika dilihat sepintas, mirip dengan beberapa species lain yang corak dan ukurannya sama (lihat Blue Emerald di Daun dan Batu, Si Leaf Lover Berperut Hitam, atau Si Leaf Lover Berperut Loreng). Dari data morfologis yang ada, pembeda utama dengan capung serupa lainnya ialah mata facet yang berwarna kebiruan, dan corak yang unik pada pangkal abdomen (corak pada pertemuan antara badan/thorax dengan perut/abdomen), yang tidak serupa dengan tiga varian lainnya. Dari ketiga species yang mirip, tampaknya  varian ini lebih dekat kekerabatannya dengan varian “blue emerald”.

Capung Odonata Sulawesi 40A

Capung Odonata Sulawesi 40B

Capung Odonata Sulawesi 40C

Capung Odonata Sulawesi 40D

Kebiasaan dan tempat hidup yang dipilih sama, pada daun-daun yang merimbun di tepi kali atau sungai. Kebiasaan berdiam di tempat untuk jangka waktu yang lama, juga merupakan karakter capung ini. Termasuk malas berinteraksi dengan species lainnya.

Capung Odonata Sulawesi 40E

Capung Odonata Sulawesi 40F

Capung Odonata Sulawesi 40G

Gambar yang ditampilkan direkam di Parepare (Sulawesi Selatan), tanggal 2 Agustus 2009, pada hanya satu individu yang ditemukan. Termasuk varian capung yang langka, dan hanya dapat ditemukan secara kebetulan. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry