Si Coklat di Antara Seresah

VARIAN capung jarum yang termasuk sukar untuk terlihat  karena warnanya yang kecoklatan dan kesukaannya berada di tumpukan seresah, daun-daun kering yang berjatuhan ke lantai hutan. Karena warna dan kondisi habitat yang demikian, ditambah oleh kurangnya cahaya, maka dibutuhkan pencermatan ekstra untuk dapat melihat capung ini bergerak dengan malas. Jumlahnya selalu sedikit, hanya sekitar 3-4 individu, dan termasuk capung yang kurang aktif melakukan interaksi.

Capung Odonata Sulawesi 41A

Capung Odonata Sulawesi 41B

Capung Odonata Sulawesi 41C

Capung Odonata Sulawesi 41D

Ukurannya cukup besar, sekitar 3 cm, dengan corak badan berwarna kecokalatan, dengan strip hitam pada thorax. Perut seluruhnya berwarna coklat, dengan tampilan ruas-ruas yang jelas karena adanya sedikit bercak keputihan. Pada pencahayaan tertentu, warna capung ini akan terlihat agak kekuning-kuningan.

Capung Odonata Sulawesi 41E

Capung Odonata Sulawesi 41F

Capung Odonata Sulawesi 41G

Capung Odonata Sulawesi 41H

Gambar yang ditampilkan di sini diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada Mei, Juni, dan Oktober 2009. Masih terdapat satu lagi varian capung jarum, yang kelihatannya sangat dekat pada species ini, tapi warna keseluruhan badannya hijau-kehitaman. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry