Si Laba-laba Dahi Putih, Peloncat yang Ulung

TIPE laba-laba yang menarik meskipun ukurannya kecil, kurang dari 1 cm, dengan warna dominan kehitaman, dan menampakkan segaris warna putih di tengkuk, di atas dan di samping perut. Kebiasaannya yang menarik ialah meloncat-loncat dari helai daun ke helai daun. Laba-laba ini mampu melompat sejauh 30 cm secara mendatar, atau 30 kali panjang tubuhnya sendiri. Tapi, memang hampir semua species laba-laba merupakan peloncat yang ulung.

Laba-laba Arachnids Sulawesi 1A

Laba-laba Arachnids Sulawesi 1B

Laba-laba Arachnids Sulawesi 1C

Laba-laba ini, penampilannya kelihatan sangat waspada, jinak, mudah didekati bahkan senang jika diusik-usik, dan terkesan ingin “melawan” dengan menunjukkan posisi “menantang” kepada pengusiknya. Aktif mencari-cari dan berburu serangga, untuk makanan, dengan rajin menelusuri permukaan bawah daun-daun. Biasanya bergerak cepat, berhenti lagi dan seperti “mendeteksi” keadaan di sekelilingnya, lalu tiba-tiba bergerak atau meloncat lagi.

Laba-laba Arachnids Sulawesi 1D

Laba-laba Arachnids Sulawesi 1E

Laba-laba Arachnids Sulawesi 1F

Gambar yang diambil di sini direkam di Parepare (Sulawesi Selatan), pada daun eceng gondok (Echornia crassipes), April 2009. Laba-laba dahi putih ini termasuk jarang ditemukan. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS

 


About this entry