Si Coklat yang Gaya

KEMUNGKINAN besar varian ini adalah capung yang belum dewasa, tetapi jumlahnya di lapangan sangat banyak. Kadang-kadang pada musim tertentu, menyaingi jumlah si capung hijau-loreng besar atau si capung sayap merah (lihat The King of The Dragonfly yang Familiar atau The Wild in Red yang Adem). Tampilannya sangat anggun, senang bertengger pada ujung-ujung ranting atau material yang tanpa daun. Ciri utamanya adalah sayap yang sepertiga ujungnya transparan, kadang dengan sedikit bercak kehitaman pada bagian paling ujung. Warna dominan adalah coklat agak kemerahan.

Capung Odonata Sulawesi 44A

Capung Odonata Sulawesi 44B

Capung Odonata Sulawesi 44C

Pengamatan di lapangan tidak menunjukkan adanya “hubungan” antara varian ini dengan varian yang lain yang serupa (lihat Si Kuning-Coklat Perut Bergaris). Varian yang disebut terakhir, kuning-coklat perut bergaris ini, tampak lebih dekat sebagai betina untuk si si wild in red itu. Tapi pada prinsipnya, dengan melihat keberadaan varian ini,  baik dari segi fisik maupun habitat, tampaknya mereka semua species yang sama.

Capung Odonata Sulawesi 44D

Capung Odonata Sulawesi 44E

Gambar-gambar diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada bulan Juni 2009, dari dua individu yang berbeda. Varian ini dapat ditemukan sepanjang tahun, dengan jumlah yang selalu snagat banyak. Penyebarannya sangat luas, seiring dengan penyebaran si capung sayap merah dan kerabatnya. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry