Si Lurik yang Senang di Lumpur

DI LAPANGAN, varian capung jarum dengan motif kehijauan (atau kadang agak kekuningan) ini, dengan lurik putih dan bercak pada ruas-ruas perut, memiliki kekerabatan yang dekat sekali dengan si coklat dan beberapa varian capung lainnya yang dari segi penampakan maupun perilaku, memang agak mirip (lihat Si Biru-Hijau di Perut Beruas atau Si Coklat di Antara Seresah). Varian ini tidak memiliki warna merah pada ujung perut. Hanya memang varian ini ditemukan lebih banyak pada habitat yang ternaung, di bawah pohon-pohon yang besar, dengan kondisi lingkungan yang becek serta berlumpur.

Capung Odonata Sulawesi 42A

Capung Odonata Sulawesi 42B

Ukurannya sama, sekitar 2,5 – 3 cm, dan juga ditemukan hidup bertumpang tindih, dan termasuk species yang mudah didekati, tetapi sangat sukar diambil gambarnya karena faktor cahaya yang sangat minim. Termasuk species yang capung yang wilayah aktivitasnya sangat sempit, karena hampir tidak pernah bergeser keluar dari keremangan, tidak pernah ditemukan secara penuh di tempat-tempat yang diterangi sinar matahari.

Capung Odonata Sulawesi 42C

Capung Odonata Sulawesi 42D

Gambar-gambar yang ditayang di sini, diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), pada 24 Oktober 2009, hanya pada satu lokasi, dan berasal dari tiga individu. Kelihatannya, varian capung ini dapat ditemukan sepanjang tahun, tetapi selalu dengan jumlah individu yang terbatas. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry