Belalang Hijau yang Selalu Ramai

SPECIES belalang yang paling umum ditemukan, terutama pada lokasi-lokasi yang memiliki genangan air permanen dan dipenuhi tumbuhan air. Ukurannya sekitar 2,5 cm, dengan warna dominan hijau, kecuali pada sayap berwarna gelap dengan belang hitam yang memanjang dari belakang mata facetnya ke ujung sayap. Tengkuk kehitaman, dan ada belang hitam samar yang memanjang di atas perut (abdomen). Belalang hijau ini sangat ramai, karena jumlahnya yang begitu banyak di setiap tempat, sehingga terkesan selalu “booming”. Makanan utamanya adalah daun-daun, terutama daun eceng gondok dan daun kelopak bunga teratai (Nympahea sp.). Juga berbagai jenis rumputan atau serangga kecil.

Belalang Sulawesi 1A

Belalang Sulawesi 1B

Belalang Sulawesi 1C

Belalang Sulawesi 1D

Selama pengamatan di lapangan, bebalang hijau ini juga ditemukan di daerah-daerah persawahan atau kebun palawija yang beririgasi, tetapi khusus di Sulawesi Selatan, belum pernah dilaporkan sebagai hama yang serius. Dari beberapa laporan, diketahui bahwa ada kelompok suku tertentu yang menjadikan belalang hijau ini sebagai sumber protein tambahan. Orang Bugis menyebutnya oddo lura.

Belalang Sulawesi 1E

Belalang Sulawesi 1F

Belalang Sulawesi 1G

Belalang Sulawesi 1H

Foto-foto yang ditayang di sini direkam di Parepare (Sulawesi Selatan) pada bulan Maret, April dan September 2009. Species belalang ini dapat ditemukan sepanjang tahun, dan terdapat di semua daerah. (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2009, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry