Si Peloncat yang Menarik

LABA-LABA yang berukuran kecil, tidak pernah diam, sangat rajin menjelajahi permukaan daun, dengan kepala yang suka celingukan. Ukurannya kecil, hanya sekitar  7-10 mm, tapi jika melompat, dapat mencapai jarak 15 cm. Warnanya dominan kehitaman atau kecoklatan, dengan garis-garis tebal keputihan pada kepala dan perut. Aktif pada pagi dan sore, terutama di semak-semak, atau pada tumbuhan yang berdaun lebar.

Species laba-laba ini termasuk cukup umum ditemukan, tetapi terlihat lebih melimpah di daerah-daerah bersemak, pekarangan rumah, kebun-kebun dan tepi hutan. Sangat menyukai cahaya, dan dapat ditemukan aktif di bawah kondisi terik. Umumnya tidak penakut.

Gambar yang ditampilkan di sini diambil di Parepare (Sulawesi Selatan), hanya pada satu individu, yang direkam pada 18 April 2009. Laba-laba yang berukuran kecil ini memiliki sangat banyak kerabat yang mirip, sehingga harus dikenali dengan sangat hati-hati. Secara umum, kerabat dari si peloncat kecil ini memiliki corak dan dekorasi warna yang menarik (ais)

Foto-foto oleh Ais, 2010, dengan Canon PowerShot S3 IS


About this entry